nice to meet you

Foto saya
I always dreaming about being a novelist

Stories

Senin, 21 Juli 2014

SAHUR ON THE ROAD?

Sahur on the road atau biasa lebih kenal dengan sebutan SOTR sudah menjadi tradisi yang mendarah daging di ibu kota ini. Apa yang kalian pikir tentang SOTR? sahur di jalan? bersama orang kurang mampu? bersama anak jalanan? berbagi rezeki? Alhamdulillah jika memang seperti, dan saya pikir memang seharusnya seperti itu. pada awalnya saya berpikir ini adalah kegiatan yang mulia, yang bisa diadakan oleh anak-anak remaja jaman sekarang. namun, lambat laun saya merasa SOTR hanyalah kegiatan yang sia-sia saja. mengapa? flashback beberapa tahun yang lalu, SOTR menyebabkan nyawa seorang pelajar melayang. sebenarnya bukan karena SOTR nya, namun itu semua lebih kepada masing-masing individu yang menjalaninya. 

sebenarnya saya agak takut memposting pendapat saya di sini, namun ini lah yang saya rasakan. SOTR sangat beken di kalangan anak muda, mereka berbondong-bondong ikut serta dalam mengadakan SOTR. dan saya mulai memeperhatikan mereka satu persatu. saya pun tertarik untuk membahas perilaku mereka. lewat pakaian, saya melihat perempuan yang terlibat dalam salah satu SOTR yang saya amati waktu itu, mereka menggunakan rok mini, tanktop, mengeluarkan anggota tubuh lewat jendela seperti kaki dan badan. mereka berteriak-teriak, belum lagi saat tingkah mereka yang naik ke atas kap mobil. pertanyaan saya, apakah pantas?

saya amat sangat kesal dengan perilaku mereka, tidak bisakah mereka bersikap wajar? melalui pengamatan saya ini, maaf, saya menilai bahwa SOTR yang dilakukan hanya untuk menunjukkan bahwa "gue ini anak gaul, gue ini eksis." kurang lebih seperti itu.

tentu mereka bisa bukan untuk mengadakannya dengan menggalang dana, dan mengumpulkan anak-anak jalanan di sebuah masjid, lalu mereka sahur bersama, solat subuh bersama, dan mengaji bersama. 
tentu itu sangat jauh lebih mulia dari pada hal-hal yang saya katakan di atas.

saya tidak menyalahkan dengan adanya SOTR, saya hanya menyesali kenapa perilaku mereka seperti itu. andaikan mereka tahu bahwa perilaku mereka akan membuat mereka celaka.
sekali lagi, silahkan mengadakan SOTR namun harus ingat tujuan utama dari SOTR tersebut itu apa.

tanpa mengurangi rasa hormat, saya meminta maaf jika ada yang membaca tulisan saya ini dan merasa tersentil hatinya untuk merubah sikapnya. ini semua untuk kebaikan dan kenyamanan kita semua.

terimakasih.

"Ciptakan Sahur On The Road yang sehat dan bermanfaat"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar